[TIPS] IELTS - Listening & Reading Section



Hai guys! Yakkk seperti yang sudah saya janjikan pada postingan sebelumnya, kali ini kita akan membahas tips – tips seputar tes IELTS.  Untuk yang belum sempat membaca postingan saya sebelumnya, bisa dicek disini : Broadly Speaking About IELTS

Pada kesempatan kali ini, saya akan sharing seputar sub-tes Listening dan Reading (well karena tes Speaking dan Writing butuh penjelasan maupun contoh yang cukup panjang, jadi kita simpan untuk postingan selanjutnya saja ya! –insyaAllah-- )


LISTENING SECTION

 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pada Listening section ini mengandung 40 butir soal yang dibagi dalam 4 sub. Urutan soal dimulai dengan yang termudah hingga yang paling sulit. Di bawah ini juga terdapat contoh dari masing – masing subtes, dan biasanyaa bentuk pertanyaannya sama. Check it out!

1.       Pastikan kamu tidak ingin ke toilet selama 2-3 jam ke depan. Karena selama pengerjaan tes berlangsung, tidak diperkenankan untuk meninggalkan ruangan dan harus fokus. Terlebih karena ini tes listening yang notabene mendengarkan soal yang hanya dibacakan satu kali dari tape, jadi kita tidak boleh melewatkan sedikitpun!

2.       Posisikan dudukmu senyaman mungkin dan letakkan barang-barang (kartu identitas/alat tulis/ air minum) dalam jangkauan yang pas sehingga tidak akan merepotkan kamu.

3.       Jangan lupa berdoa!

4.       Perlu diingat sekali lagi bahwa pada section ini, kita hanya diberi waktu 40 menit pas, yang terdiri dari 30 menit untuk pembacaan soal oleh kaset/tape, dan 10 menit terakhir untuk MENYALIN jawaban kita dari lembar soal ke lembar jawaban aslinya. Kita tidak diperkenankan untuk menulis di lembar jawaban langsung, jadi fokuslah pada lembar soal yang ada di hadapan kita.

5.       Pasang telinga baik-baik. Penjelasan sama seperti poin 1.

6.       Sebelum pembacaan soal dilakukan, kita akan diberi waktu selama beberapa detik untuk membaca cepat rentetan pertanyaan yang sudah tercantum pada lembar soal. Bacalah dan PAHAMI apa yang DIINGINKAN DI SOAL (kalimat yang bernomor). Sehingga nantinya kita dapat menangkap keterangan yang dibutuhkan dari dialog/monolog dengan baik.

SECTION 1



7.       Jawablah sesuai dengan perintah: NO MORE THAN 3 WORDS &/ A NUMBER for each answer. So, pastikan jawabanmu tidak melebihi dari 3 kata! Jika kamu melanggarnya, sudah pasti jawabanmu akan dicoret L

8.       Tulislah APA ADANYA sesuai dengan dialog. JANGAN MENULIS SINONIM atau kalimat yang kamu anggap memiliki makna yang sama. DON’T! Poin ini berlaku untuk seluruh section di Listening test.

9.       Pastikan kamu mengeja dengan sempurna beserta penulisan bentuk tunggal/jamak yang sesuai pada keterangan dialog. Misalnya, saat spelling alamat atau nama orang (soal ini pasti muncul), atau imbuhan -s/-es/-ies untuk bentuk jamak. Salah penulisan satu huruf saja, jawabanmu bisa dicoret juga lho karena bisa memberikan arti yang berbeda L Poin ini berlaku untuk seluruh section di Listening test.

SECTION 2


10.   Pada nomor 11-16 hanya menyimak biasa. Pastikan kamu tidak ketinggalan setiap kata yang diucapkan. Karena section ini dibagi menjadi dua bagian (11-16 & 17-20) fokuskan pikiranmu pada masing – masing bagian. Jangan hiraukan bagian lain jika belum datang saatnya.


SECTION 3



11.   Pada Section 3 ini sudah mulai gampang – gampang susah. Sekilas, pilihan ganda seperti ini memang seharusnya bisa diselesaikan dengan mudah, namun, berbeda dengan 2 section sebelumnya, disini akan didengarkan dialog dan hampir keseluruhan jawabannya berupa pernyataan tersirat. Tak jarang malah 2 atau 3 dari pilihan jawaban disinggung semuanya dalam dialog. Sehingga kita wajib mendengarkan dan memilih tiap kalimat.

SECTION 4



12.   Merupakan section tersulit dalam tes Listening. Teks yang dibacakan merupakan monolog seperti kuliah singkat atau penjelasan di tempat – tempat umum. Section ini cukup menantang karena kesepuluh nomornya tanpa jeda, tidak seperti section – section sebelumnya. Selain itu, pada section ini, teks yang dihadirkan tak jarang mengandung istilah keilmuan atau yang tak lazim dibicarakan dalam kehidupan sehari – hari. Sehingga, sekali lagi, harus ekstra fokus~


13.   Daaan terakhir, jangan lupa meng-copy jawaban dari lembar soal ke lembar jawaban secara teliti, karena jawaban yang dinilai oleh examiner adalah yang tertera pada lembar jawaban.


READING SECTION


60 menit berikutnya yaitu Reading section, mengandung 40 butir soal yang dibagi dalam 3 sub. Masing – masing sub-tes dipimpin oleh satu teks dengan jumlah soal bervariasi.

1.       Jangan lupa berdoa!

2.       Karena durasi yang terbatas, atur waktu kamu untuk menjawab dan membaca teks (teks yang diberikan tidak kurang dari sepuluh paragraf singkat atau bisa jadi empat paragraf saja namun panjang, jadi intinya sama = banyak! Hehe) Misal, 40 soal masing – masing kamu beri waktu 1 menit untuk menjawab, jadi kamu masih memiliki 20 menit tersisa. 5 menit untuk pemahaman masing – masing teks, dan 5 menit sisanya bisa digunakan untuk memeriksa jawaban. Tapi ingat, jangan forsir pikiranmu, kamu harus tetap rileks agar dapat berpikir jernih dalam menjawab.

3.       Highlight kalimat utama atau fakta/opini penting dalam teks. Agar kamu cepat dapat menemukannya ketika dibutuhkan saat menjawab pertanyaan.

4.       Pahami terlebih dahulu teksnya (namun tetap kontrol waktunya), baru baca pertanyaannya. Jangan terbalik, karena dapat menghabiskan waktu untuk mengulang pembacaan teks tiap pertanyaan.

SECTION 1


5.       7 pertanyaan pertama biasanya mengenai konfirmasi pernyataan. Fokuslah pada sinonim atau kalimat yang memiliki makna sama dengan pernyataan pada soal, karena pernyataan selalu tersirat.

6.       Berikutnya, hampir sama seperti Listening test, terdapat pertanyaan dengan jawaban NO MORE THAN TWO WORDS, jadi, kita harus mematuhinya atau jawaban kita bisa dicoret L. Dan juga usahakan menggunakan kata – kata yang sama persis!

SECTION 2



7.       Pada nomor 14-17 merupakan pemilihan kalimat utama (heading) tiap paragraph dari teks kedua. Bagian ini termasuk gampang – gampang susah. Cara paling mudah untuk mengevaluasi pokok pikiran, bisa dilihat dari kalimat pertama maupun terakhir paragraf tersebut. Jangan menghabiskan waktu terlalu lama untuk memastikan satu paragraf. Pertanyaan selebihnya, sama seperti section 1.

SECTION 3

8.       Secara garis besar pada sub-tes ini sama seperti section – section sebelumnya, namun dilengkapi melengkapi paragraf yang diisi dengan pasangan kata dari teks yang tersedia. Inti terbesar dari tes Reading ini adalah bekerja secara teliti dan santai namun tetap mengontrol waktu.




Nahhh demikianlah ringkasan singkat mengenai tips – tips pengerjaan tes IELTS sub Listening & Reading. Untuk Speaking & Writing insyaAllah akan saya upload beberapa waktu ke depan. Selamat belajar mempersiapkan IELTS and good luck peeps!! Smoga membantu ^^




credit: all pictures are taken from google

Komentar

Pos populer dari blog ini

Pembangkitan Tegangan Tinggi AC dan DC

[MOVIE] Actors That Are Casted if ANASTASIA (1997) is Remade as Live Action Movie